Minggu, 29 Mei 2011

Merapat Padat

Segala mudah terasa karena ada susah. Begitu juga kegelapan hadir karena kita pernah merasakan cahaya. Segala wujud kehidupan terasa sama jika korelasi sadar atau bawah sadar tentang hal yang kontras tidak terbentuk dalam pemahaman dan penghayatan kita tentang rasa nyaman dan lawan katanya. Bagiku zona nyaman merupakan jebakan tercanggih. Yang disadari atau tidak memasung gerakan langkah bertubi menjerat kapal para pelaut. Berhati-hati jangan terjebak didalamnya. Nikmati sejenak lalu keluarlah dari tempat tidurmu, tinggalkan mereka tajamkan gigi seri hingga dapat kau makan semua bentuk lapisan kehidupan.

Rehatlah sejenak jika lelah. Nikmati sore berjalan mengamati tingkah laku manusia disekeliling mu dan kota mu. Kemudian berpindah jika tidak ada lagi sesuatu yang baru. Begitu seterusnya.

Pencapaian citra bentuk indah diperoleh dari jeli pengalaman estetis. Detail tekstus struktur cahaya gelap terang menipu mata yang kemudian menghadirkan citra dikepala pemikiran. Namun menurutku bentuk tercanggih dari karya seni itu simbol2 sederhana yang menghadirkan rasa melalui setiap indra secara selektif.

Jika masih mencari untuk apa kita hidup, sedikit petunjuk sederhana 'hidup untuk mencari sesuatu yang Tuhan janjikan' kecuali bagi para atheis. Ya sudahlah, dengan begini aku muak.
.
Kerumun nyamuk malam ini membentolkan kulit tangan kiriku. Dan aku tau, aku tidak butuh labil, kendalikan saja diri dengan hati kemudian bertindak dengan pikiran. Gunakan perasaan pada tempatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar